-->

TANAMAN SECANG

Tanaman secang (Caesalpinea sappan) merupakan jenis tanaman polong-polongan yang dapat digunakan sebagai rempah-rempah penyedap makanan.
Tanaman secang memiliki morfologi tumbuh berupa pohonnya kecil dan dapat tumbuh mencapai 4 - 10 meter dan memiliki banyak duri dan memiliki bentuk buah lonjong.

Tanaman secang merupakan tanaman liar yang diperdiksi merupakan tanaman asli dari India tengah, dan memiliki penyebaran sampai ke semenanjung malaysia. Di kawasan Asia tenggara, Tanaman ini sudah lama di budidayakan.

Tanaman secang memiliki manfaat dan khasiat khusus untuk pengobatan penyakit dan menjaga kesehatan tubuh manusia, adapun manfaat dan khasiatnya adalah sebagai berikut;

Tanaman Secang (sumber gambar: id.wikipedia.org)
Khasiat dan Manfaat:

Tanaman secang memiliki khasiat dan manfaat mengobati memar berdarah, diare, sipilis, dan sebagai pembersih darah

Bagian Tanaman yang Digunakan:

Adapun bagian tanaman secang yang digunakan adalah bagian kayu.

Cara Penggunaan:

Untuk meracik tanaman secang menjadi suatu bahan yang dapat di konsumsi tidaklah susah, cukup dengan mengambil 20 gram serutan kayu secang di rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya, lalu di saring dan di minum hangat-hangat 2 kali sehari.


Referensi: Aranta, A.,"Pengobatan Herbal & Pijat Refleksi Cara Mudah Hidup Sehat", Penerbit Pustaka Sandro jaya, Jakarta.

0 Response to "TANAMAN SECANG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel