-->

TANAMAN MENIRAN

Meniran (Phyllanthus urinaria)merupakan jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat dan memiliki tinggi pertumbuhan kurang dari 50 cm.

Meniran bisa hidup liar di sekitar pekarangan rumah, sungai, sawah dan di tepi jalan raya. Meskipun begitu, tanaman meniran ini memiliki khasiat khusus untuk menjaga kesehatan dan memulihkan keadaan yang sakit.
Tumbuhan Meniran (sumber gambar: meniran.com)
Khasiat dan Manfaat:

Tanaman meniran ini memiliki rasa agak pahit, manis dan agak sejuk. Berkhasiat sebagai hepatoprotektor, pembersih racun di hati, antiradang, pereda demam, peluruh kencing, peluruh dahak, peluruh haid, penambah terang penglihatan, dan penambah nafsu.

Biasanya meniran untuk mengatasi rematik akut dan ginjal akibat tingginya kadar asam urat darah. Selain itu, juga digunakan untuk mengobati radang ginjal, infeksi, saluran kencing dan hepatitis. 

Bagian Tanaman yang Digunakan:

Adapun bagian tanaman meniran yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman yang telah kering dapat dimanfaatkan sebagai bahan terapi untuk mengobati rematik.

Cara Penggunaan:

Cara penggunaan tumbuhan meniran ini tidak lah susah, cukup dengan 30-60 gram meniran direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.


Referensi: Aranta, A.,"Pengobatan Herbal & Pijat Refleksi Cara Mudah Hidup Sehat", Penerbit Pustaka Sandro jaya, Jakarta. 

0 Response to "TANAMAN MENIRAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel