-->

TANAMAN OBAT "CIPLUKAN"

Tanaman Ciplukan (sumber gambar: www.1000macammanfaat.com)
Pohon ciplukan atau ceplukan adalah sejenis tanaman kecil yang memiliki rata rata umur satu tahun, memiliki karakter batang yang berusuk, sersegi banyak dan berongga ini banyak tumbuh di semak sekitar rumah maupun di sela sela perkebunan atau di bagian hutan terbuka yang terkena terik matahari dengan ciri buah yang di bungkus semacam kelopak yang mengembung menutupi buah di dalamnya. 

Khasiat dan Manfaat:

Tanaman ciplukan ini bermanfaat sebagai analgenik, peluru air seni, penetral racun, pereda batuk, serta merangsang dan mengaktifkan fungsi kelenjar-kelenjar tubuh.

Bagian Tanaman yang Digunakan:

Adapun bagian tanaman ciplukan yang dapat digunakan untuk pengobatan adalah seluruh bagian tanaman akar, batang, daun dan buah dari tanaman ini.

Cara penggunaan:  

Cara penggunaan tanaman ini sangat mudah dan sederhana cukup dengan 10 gram tanaman ciplukan kering direbus dengan 3 gelas air sehingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, kemudian disaring dan diminum 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Tanaman ini dapat ditemukan di kawasan yang memiliki hujan hutan tropis seperti Indonesia.


Referensi: Aranta, A.,"Pengobatan Herbal & Pijat Refleksi Cara Mudah Hidup Sehat", Penerbit Pustaka Sandro jaya, Jakarta.

0 Response to "TANAMAN OBAT "CIPLUKAN""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel