-->

TANAMAN OBAT "GANDARUSA"


Tanaman Gandarusa (sumber gambar: www.agrobisnisinfo.com)
Gandarusa, daun rusa, atau kisi-kisi (justicia Gendarussa Burm.f.) merupakan tumbuhan semak tropis yang biasa di jumpai di pekarangan rumah, baik sendiri maupun sebagai tanaman pagar hidup. tumbuhan ini sendiri bisa di perbanyak dengan cara di stek

Khasiat dan Manfaat:

Tanaman ini memiliki rasa pedas dan sedikit asam, berkhasiat sebagai stimulasi sirklus dan melancarkan aliran darah, serta anti rematik. Dalam pengobatan herbal, gandarusa digunakan untuk mengobati keseleo, sakit pinggang, dan tulang patah.

Bagian Tanaman yang Digunakan:

Seluruh bagian tanaman gandarusa, baik dalam kondisi segar maupun kering, dapat digunakan untuk mengobati penyakit rematik.

Cara Penggunaan:

10 - 60 gram daun segar atau 15 - 30 gram daun kering direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Tetapi ini diminum pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.
50 gram daun segar dan 5 buah bunga cengkih ditumbuk hingga halus, lalu dibalur dibagian yang sakit, pada pagi dan sore hari hingga sembuh.


Referensi: Aranta, A.,"Pengobatan Herbal & Pijat Refleksi Cara Mudah Hidup Sehat", Penerbit Pustaka Sandro jaya, Jakarta. 

0 Response to "TANAMAN OBAT "GANDARUSA""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel