-->

TANAMAN OBAT "DAUN SENDOK"

Daun sendok merupakan tanaman gulma di perkebunan teh dan karet, atau termasuk juga tumbuhan liar di hutan yang dapat dibudidayakan di sekitar perkarangan rumah. Daun sendok berasal dari Asia dan Eropa tumbuh tegak dengan tinggi 15 cm sampai 20 cm, memiliki daun tunggal berwarna hijau dengan bentuk bentuk bulat melebar yang memiliki ukuran panjang 5 cm sampai dengan 10 cm, lebar 4 cm - 9 cm, tepi daun rata atau bergerigi kasar tidak teratur.
Daun Sendok (sumber gambar: www.daunsendok.com)

Khasiat dan Manfaat:

Biji daun sendok dapat meningkatkan pengeluaran urea, asam urat, dan sodium klorida melalui urine. Digunakan untuk mengobati rematik akut dan menurunkan kadar sam urat darah. Kandungan kaliumnya bersifat meluruhkan kencing yang dapat membuang kelebihan asam urat dan melarutkan endapan garam kalsium yang terdapat dalam ginjal dan kandungan kencing. Kandungan aukubinnya dapat meningkatkan sekresi asam urat melalui ginjal, serta sebagai hepatoprotektor dan antisenptik. Kandungan apigeninnya berkhasiat sebagai antiradang yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada rematik yang akut.

Bagian Tanaman yang Digunakan:

Adapun bagian tanaman daun sendok yang digunakan untuk obat alternatif adalah seluruh bagian tanaman yang telah kering dapat digunakan untuk mengobati remati.

Cara Penggunaan:

Cara penggunakan tidak terlalu susah, cukup dengan 5 lembar sendok dilumatkan, lalu digosokan pada bagian tubuh yang sakit atau akarnya dimasak dengan minyak kelapa, lalu minyaknya digunakan untuk obat gosok akibat salah urat.


Referensi: Aranta, A.,"Pengobatan Herbal & Pijat Refleksi Cara Mudah Hidup Sehat", Penerbit Pustaka Sandro jaya, Jakarta.  

0 Response to "TANAMAN OBAT "DAUN SENDOK""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel