-->

TANAMAN OBAT "JAHE"

Jahe (Zingiber Officinale) adalah tanaman rimpangan yang sangat popoler dan familiar di telinga orang Indonesia, biasa digunakan sebagai bahan pencampur masakan tertentu.

Jahe termasuk dalam rempah-rempah dan tanaman obat yang memiliki ciri morfologi, rimpangnya berbentuk jemari yang mengembung di tengah-tengah. Jahe diprediksi berasal dari negara India.

Jahe (sumber gambar: www.sheentin.com)

Khasiat dan Manfaat:

Khasiat utama jahe adalah mengurangi rasa sakit, memperkuat khasiat obat lain yang dicampurnya, dan merangsang selaput lendir perut besar dan usus.

Khasiat lainnya sebagai obat flu, menghambat pertumbuhan jamur Candida Albicans, antikholinestrase, perangsang aktivitas syaraf pusat, merangsang ereksi, merangsang keluarnya ASI.

Dan juga merangsang kekebalan tubuh, menghambat keluarnya enzim lipoksigenase dan siklooksigenase, meningkatkan aktivitas kelenjar endokrin, merangsang regenerasi sel normal, serta sebagai obat hipertensi dan stroke.

Bagian Tanaman yang Digunakan:

Adapun bagian tanaman jahe yang digunakan adalah rimpang jahe tersebut.

Cara Penggunaan:

Cara penggunaan rimpang jahe tidak lah susah, cukup dengan 50 gram rimpang jahe dimemarkan, 2 batang serai dimemarkan, dan 5 butir lada putih ditumbuk kasar. 

Semua bahan direbus dengan 600 mili liter air bersih hingga mendidih selama 5 menit. Setelah itu disaring dan tambahkan gula jawa, lalu diminum hangat-hangat 2 kali sehari.


Referensi: Aranta, A.,"Pengobatan Herbal & Pijat Refleksi Cara Mudah Hidup Sehat", Penerbit Pustaka Sandro jaya, Jakarta. 

0 Response to "TANAMAN OBAT "JAHE""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel