-->

TANAMAN OBAT "DAUN ENCOK (Plumbago Zeylanica)"

Daun encok merupakan salah satu tanaman obat yang bisa ditanam di sekitar perkarangan rumah. Daun encok memiliki Nama Latin Plumbago Zeylanica ini merupakan tanaman asli dari daratan Afrika dan penyebarannya sampai di Indonesia. Daun encok ini memang berfungsi sebagai salah satu bahan obat alternatif, tetapi tanaman ini juga bisa menjadi Racun bagi tubuh, karena memang sifat tumbuhan ini sangatlah beracun. Pada saat menerapkan tumbuhan ini, janganlah terlalu lama, cukup 30 menit saja.

Tanaman Daun Encok (sumber gambar: www.tokopedia.com)



Khasiat dan Manfaat:

Adapun khasiat dari tanaman daun encok ini adalah sebagai tonik (zat yang digunakan untuk mengembalikan kondisi normal jaringan atau untuk merangsang nafsu makan), Analgetik (obat yang dirancang untuk meringankan nyeri tanpa kehilangan kesadaran), dan penghilang bengkak.

Cara Penggunaan:

Cara penggunaan tanaman daun encok ini tidak lah susah cukup dengan mengambil 2 genggam daun encok segar dan setengah sendok makan kapur sirih ditumbuk sampai halus. Tempelkan dibagian sendi yang sakit, lalu dibalut. Ganti setiap 2-3 kali sehari, atau dengan mengambil 1 lembar daun encok diolesi minyak kelapa dan dilayukan diatas panas api, lalu ditempelkan diatas bagian sendi yang sakit selama 1 jam.



Referensi: Aranta, A.,"Pengobatan Herbal & Pijat Refleksi Cara Mudah Hidup Sehat", Penerbit Pustaka Sandro jaya, Jakarta. 

0 Response to "TANAMAN OBAT "DAUN ENCOK (Plumbago Zeylanica)""

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel